Bank BPS SA Cooperative Polandia menjadi yang pertama memasang mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan sidik jari dan bukan kartu untuk mengambil uang tunai.

“Bank kami merupakan yang pertama di Eropa menyediakan fasilitas bagi klien dengan arti baru untuk keamanan transaksi guna melengkapi kode rahasia kartu ATM mereka,” ujar Wakil Presiden BPS SA Krzysztof Jagielski.

“Berkat sebuah sistem yang mampu memindai jaringan darah di dalam jari, mereka dapat mengambil uang tunai dari sebuah mesin bank,” imbuh Jagielski pada sebuah ATM biometrik di Warsawa Polandia.

Berdasarkan teknologi Finger Vein yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Jepang Hitachi, mesin bank yang memindai jaringan unik pembuluh di jari tangan dalam waktu beberapa menit.

Di Polandia mesin tersebut dimodifikasi lagi oleh Wincor Nixdorf, sebuah penyedia layanan teknologi informasi ternama bagi ritel bank. BPS mengatakan akan memasang tiga atau empat mesin biometrik tambahan di Warsawa hingga akhir tahun dan sekitar 200 buah lagi untuk 365 jaringan banknya di seluruh Polandia.

Mesin biometrik tersebut akan melayani pembayaran uang pensiun dengan aman tiap akhir bulan dan mengakhiri ketakutan kejahatan perbankan semacam skimming, atau pencurian informasi kartu kredit.

“Beberapa lusin klien telah mengetes sistem tersebut namun seiring dengan perubahan teknologi pasti akan butuh waktu adaptasi bagi masyarakat,” ujar Jagielksi.

Meskipun baru diselenggarakan di Eropa, mesin bank dengan teknologi biometrik telah dipergunakan secara luas di Jepang.

Sumber : inilah.com