Ilmuwan Jepang berhasil membuat setelan baju yang dapat membuat penggunanya bisa sekuat Robocop atau Iron Man.

Baju dari logam dan plastik itu dipersenjatai delapan motor listrik yang menguatkan kekuatan lengan dan kaki pemakainya, serta sebagai sensor yang dapat mendeteksi gerakan dan merespon perintah melalui sistem pengenalan suara.

Profesor Shigeki Toyama dan timnya mengembangkan setelan itu di Universitas Pertanian dan Teknologi Tokyo dan ia merencanakan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang memproduksi pakaian futuristik itu pada akhir tahun.

Pakaian itu dapat mengurangi upaya fisik penggunanya hingga rata-rata 62 persen.

Industri robot telah lama berkembang di Jepang, dan industri berusaha agar pakaian itu dapat membantu mengurangi rasa sakit fisik yang dialami oleh pekerja.

Ketika menekuk lutut, aktivitas otot berkurang setengahnya dan baju itu juga dapat untuk berbagai posisi termasuk saat meringkuk.

Setelah lima belas tahun proses pembuatan, robosuit akan masuk pasar Jepang pada tahun 2012 dan pada awalnya akan dijual seharga sekitar satu juta Yen.

Harga diharapkan turun setengahnya jika perangkat sudah diproduksi secara massal. Saat ini tidak ada rencana untuk menjual pakaian ini ke luar negeri.

Sumber : inilah.com

Iklan