Menurut sebuah buku terbaru, ada seekor kucing dengan kemampuan luar biasa yang dapat mendeteksi waktu kematian seseorang di panti jompo. Dan ternyata kucing istimewa ini sudah berhasil menebak sekitar 50 kasus.

Oscar, kucing yang tinggal di Rumah Perawatan dan Rehabilitasi Steere yang terletak di Providence, Rhode Island, akan tidur melingkar di dekat pasien pada jam-jam terakhir menjelang ajal menjemput sang pasien.

Dr David Dosa, seorang ahli geriatri dan asisten profesor di Brown University, mengatakan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun, insting Oscar jarang meleset, demikian lansir Daily Telegraph.

Kadang-kadang ia bahkan membuktikan bahwa paramedis salah memprediksi pasien yang telah dekat dengan akhir hidupnya.

Kucing berbulu putih yang kini sudah memiliki 5 anak itu biasanya suka menyendiri, jarang menghabiskan waktu dengan pasien kecuali mereka yang sedang menanti ajal.

Dr Dosa dan staff rumah sakit lainnya sangat percaya dengan ketepatan ramalan Oscar sehingga mereka akan memberi peringatan kepada seluruh keluarga pasien bila kucing itu melompat ke atas tempat tidur dan merenggangkan diri di samping penghuni ranjang rumah sakit.

Dalam bukunya yang berjudul, ‘Making rounds with Oscar: the extraordinary gift of an ordinary cat’, Dr Dosa tidak memberikan penjelasan yang kuat mengenai tingkah laku Oscar.

Menurutnya, Oscar memiliki kemampuan seperti anjing, yang dapat mencium bau kanker, mendeteksi keton, aroma biokimia yang tercium dengan jelas, yang dikeluarkan oleh sel-sel yang mati.

“Kerabat dan sahabat-sahabat pasien yang tengah sekarat umumnya terhibur dengan kehadiran Oscar dan kadang-kadang memuji kucing tersebut dalam kolom obituary,” ujar Dr Dosa.

“Umumnya para kerabat pasien merasa nyaman dengan pemikiran bahwa hewan peliharaan ini berada di samping seseorang yang mereka cintai menjelang tibanya ajal, di mana mereka tak dapat mendampingi sang pasien,” tutupnya.

Sumber : astaga.com