Hal yang menakjubkan terkuak setelah burung dikonfirmasi sebagai keturunan dari dinosaurus bersayap empat dan berkaki dua yang hidup jutaan tahun yang lalu.

Xing Xu dari Akademi Sains China di Beijing mempertaruhkan pernyataannya berkat fosil dinosaurus mirip burung yang diawetkan dan dinamakan Anchiornis Huxleyi.

Sampai saat ini huxleyi di anggap sebagai burung primitif, yang diperkirakan datang dari era Archaeopteryx, saat burung pertama dikenal terbang sekitar 150 juta tahun yang lalu.

Namun opini tersebut berdasarkan fosil yang tidak lengkap. Spesimen yang baru dengan fosil yang hampir lengkap memberi gambaran yang berbeda dan memperkirakan jika Huxleyi beberapa juta tahun lebih tua dari Archaeopteryx dan menampilkan bagian-bagian dari jenis dinosaurus dan burung.

Pencarian ini sudah berlangsung sangat lama dan membuktikan burung berasal dari keturunanan dinosaurus Theropod, kata XU.

Deskripsi yang dilakukan Xu dan timnya menyimpulkan jika dinosaurus tersebut memilliki bulu-bulu panjang yang menutupi lengan, buntut serta kakinya. Laporan ini diumumkan oleh British Journal Nature.

Dalam jurnal itu Xu mengatakan jika penemuanya merupakan makhluk bersayap empat, kendati belum ada kepastian bahwa makhluk ini memiliki kemampuan untuk terbang. Sebaliknya, bagian kaki bawah yang panjang mengindikasikan sebagai pelari yang baik.

Beberapa ahli evolusi biologi mengatakan bahwa makhluk bersayap empat ini memiliki peran penting dalam asal muasal binatang terbang, akan tetapi pernyataan tersebut tidak disetujui oleh lainnya.

Sumber : inilah.com

Iklan