Para astronom telah menemukan sebuah planet mirip bumi di luar tata surya, membuka kemungkinan bahwa ada kehidupan alien.

Sebuah studi baru mendapatkan planet yang mengorbitkan sebuah bintang berjarak 500 tahun cahaya menunjukkan serupa dengan bumi.

Dikenal sebagai COROT-7b, obyek itu ditemukan pada bulan Februari tahun ini oleh teleskop ruang angkasa COROT Eropa, yang telah melacak lintasan bintang itu.

Obyek itu merupakan planet pertama yang ditemukan di luar tata surya kita dengan struktur solid yang dapat ditempati oleh organisme hidup. 

Namun karena COROT-7b hanya berjarak 1,6 juta kilometer dari bintang induknya, berarti sekitar 23 kali lebih dekat daripada jarak Merkurius ke Matahari, sebuah jarak yang terlalu panas untuk kehidupan lain di luar bumi.

Walaupun demikian, penemuan ini mengasumsikan akan adanya planet yang serupa dan berada dalam orbit yang lebih dingin dan nyaman. Dr Didier Queloz, dari Observatorium Jenewa di Swiss, pemimpin dari penelitian itu mengatakan penemuan itu mendebarkan dan sangat menakjubkan.

“Kami melakukan segalanya untuk mempelajari obyek yang ditemukan melalui satelit COROT, dan tampaknya kami menemukan sebuah sistem yang unik,” katanya.

Saat pertama kali mengamati tujuh bulan lalu, diameter COROT-7b menunjukkan 80% lebih besar dari bumi. Namun, massa dan berat jenisnya tidak dapat dikalkulasikan.

Ilmuwan menemukan bahwa massanya lima kali lebih besar dari pada bumi, yang membuat berat jenisnya serupa dalam hal kepadatannya. COROT-7b mengorbit bintangnya dalam kecepatan lebih dari 750 ribu kilometer per jam, atau sekitar tujuh kali lebih cepat dibandingkan gerak lintas bumi terhadap matahari.

Temperatur saat siang diperkirakan mencapai 2.000C sementara saat malam bisa mencapai minus 200C.

Sumber : inilah.com