Munculnya putri duyung telah menjadi pembicaraan hangat di kota Kiryat Yam, Israel. Putri duyung yang merupakan perpaduan antara ikan dan anak kecil itu hanya muncul saat matahari sebelum tenggelam.

Salah satu orang yang dilaporkan pernah melihat putri duyung di wilayah itu adalah Shlomo Cohen. “Aku dan temanku melihat wanita yang duduk di pasir dengan cara yang aneh. Petama kali aku kira orang yang mandi matahari, tapi saat didekati terjun ke air dan hilang. Kami kaget saat melihat ekornya,” katanya.

Penampakan itu telah muncul sejak beberapa bulan lalu. Jubir Kiryat Yam, Natti Zilberman menyatakan pemerintah menawarkan hadiah Rp 10 miliar bagi orang pertama yang memotret makhluk itu. 

Cerita putri duyung ada di seluruh penjuru dunia. Cerita itu juga telah muncul sejak berabad-abad yang lalu.

Cerita putri duyung pernah diungkapkan oleh kapten kapal Richard Whitbourne yang mengklaim melihat putri duyung di pelabuhan Newfoundland St James pada 1610. Cerita lain di Skotlandia pada 1830 seorang bocah telah membunuh putri duyung dengan melemparinya dengan batu.

Makhluk itu mirip anak kecil 3-4 tahun, tapi memiliki ekor dan bukannya kaki. Penduduk setempat membakar dan menguburkannya dalam peti mati berukuran kecil.

Sumber : inilah.com