Setelah bertahun–tahun hanya bisa mencari peninggalan binatang prasejarah, seorang Paleontologis Kanada berencana menciptakan dinosaurus dengan memanipulasi embrio ayam.

Hans Larsson, Ketua Peneliti Evolusi Makro di Universitas McGill Montreal, mengatakan dengan menggunakan burung ia bermaksud mengembangkan dinosaurus yang telah menghilang jutaan tahun yang lalu.

Larsson percaya dengan membalik sel pengungkit genetik tertentu selama proses pengembangan embrio ayam ia dapat membentuk struktur tubuh sebuah dinosaurus.

Walaupun hal tersebut masih dalam pengembangan, penelitian ini dapat menuntun untuk menghidupkan kembali hewan prasejarah. Tetapi Larsson mengatakan sulit untuk mewujudkan dalam waktu dekat karena alasan etika.

Larsson telah mempelajari evolusi pada burung selama 10 tahun. “Saya dapat mendemostrasikan secara jelas bahwa burung memiliki potensi mengembangkan struktur tubuh dinosaurus, hal tersebut menggambarkan bahwa burung adalah keturunan langsung dari dinosaurus” tambahnya.

Dasar pemikiran dari proyek ini datang ketika adanya diskusi dengan Jack Horner seorang Paleontologis Amerika yang bertindak sebagai penasihat teknik pada film Jurassic Park.

Horner belum lama ini menulis sebuah buku berjudul “How to Build A Dinosaurus”, yang mana ia mengacu pada eksperimen embrio dalam menciptakan chickenosaurus.

Kelompok peneliti Larsson sebelumnya berusaha menemukan peninggalan hewan prasejarah, termasuk 8 spesies dinosaurus yang tidak dikenal dan 5 tipe buaya baru di Nigeria. Mereka juga menemukan sebuah peninggalan dinosaurus karnivora jenis baru di Argentina.

Sumber : inilah.com