Polisi Indonesia meminta “hacker” komputer untuk melacak siapa dibelakang situs internet yang mengklaim bertanggung jawab atas pemboman ganda 17 Juli yang menewaskan sembilan orang.

Situs itu ditemukan awal pekan ini di jaringan blogspot.com.

Halaman situs ini mengklaim menyerang Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton dengan nama tokoh ekstrem kelahiran Malaysia, Noordin Mohammad Top dan sekelompok yang menyebut dirinya “Organisasi Al Qaida Indonesia”.

“Tim kejahatan cyber memburu orang dibelakang ini dengan harapan kami bica melacak mereka,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Polisi Nanan Soekarna seperti dikutip kantor berita AFP.

“Banyak para ‘hacker’ cerdas di Indonesia. Mari buktikan bahwa Anda dapat membela rakyat dan negara Anda serta menyediakan informasi untuk menangkap mereka,” katanya.

Polisi menyatakan belum mengetahui apakah klaim dalam bahasa Indonesia dan Arab itu otentik. Pesan pertama turun hari Minggu namun baru ditemukan oleh media hari Rabu.

Isi blog itu memuji “dua pahlawan bersaudara” yang meledakkan diri di JW Marriott dan Ritz-Carlton di pusat kota Jakarta dan kawasan diplomat.

Polisi menyatakan, kemungkinan besar otak dibelakang penyerangan itu Noordin yang memimpin sempalan Jemaah Islamiyah. Noordin adalah tersangka otak pemboman bunuh diri di Indonesia tahun 2003, 2004 dan 2005 yang menewaskan sedikitnya 42 orang dan melukai banyak orang.

Sumber : Dream Indonesia

Iklan