Baterai Shakenergy, Kocok kuat-kuat, daya pun terisi lagi.

Saat ini adalah era milik perangkat elektronik jinjing. Demi memudahkan, piranti elektronik menyertakan pula baterai yang dapat diisi ulang. Cukup colokkan ke sumber listrik, daya baterai segera terisi. Masalah timbul, bila anda di luar ruangan. Mana ada soket dan terminal listrik di jalan raya, pantai, atau pegunungan?

Tak heran bila beberapa gadget masih menggunakan sumber tenaga dari baterai konvensional sekali pakai, berukuran AA, atau AAA, bertegangan 1,5 volt. Namun, baterai sekali pakai juga memberi masalah lingkungan serius.

Alasan itu yang mendorong desainer industri asal Korea Selatan, Mintpass, merancang baterai isi ulang tanpa perlu soket listrik. Baterai satu ini memang unik, sebab sengaja dirancang agar ramah lingkungan

Bukan pula baterai bertenaga surya, yang hanya mengandalkan iklim, membuat pengguna kesulitan bila matahari tidak nongol, atau saat malam menjelang. Cara mengisi ulang, cukup goyang atau kocok–apa pun istilahnya–baterai itu, hingga daya terisi kembali.

Baterai tersebut didesain dengan menghilangkan komponen berkemampuan isi daya manual. Lagi pula desain baterai bersoket listrik, kerap mempengaruhi desain piranti karena ukuran tak bisa dibuat mungil.

Alih-alih, Mintpass menciptakan baterai hidrat logam Nikel, yang dilabeli Mint Batterey: Shakenergy. Kelebihan Shakenergy, selain dikocok, proses isi ulang bisa pula menggunakan adaptor isi ulang baterai alkalin.

Sistem kerja ‘kocok’ Shakenergy pun cukup sederhana. Di dalam baterai terdapat tiga bagian, hidrat logam nikel di bagian atas, lingkaran kawat kumparan di terowongan kecil (shaft) yang ditahan penopang inti dan magnet permanen.

Saat digoyang, lingkaran kumparan akan bergerak dari magnet menuju nikel lewat penopang inti. Proses itu pun menginduksi listrik, sehingga baterai memperoleh daya kembali.

Mereka yang paham pengetahuan teknis bakal mengocok keras-keras baterai tersebut, sebab kocokan kuat berkali-kali, akan mempercepat pengisian daya. Dengan konsep itu, si baterai cocok untuk saat-saat darurat, bahkan untuk hidup mati seseorang.

Contoh, anda ditemukan tim SAR lewat sinyal radio dalam insiden kapal karam. Tetapi tiba-tiba baterai radio anda mati, cukup goyang baterai kuat-kuat, pasang kembali ke radio dan kontak tim SAR. Shakenergy telah menyelamatkan hidup anda. (mintpass.com)

Sumber : mintpass.com

Iklan