Peta Eropa Tertua Berusia 14.000

Sebuah peta yang dianggap sebagai salah satu peta Eropa tertua di dunia berhasil ditemukan. Namun, media peta tersebut bukanlah di atas kertas melainkan sebongkah batu yang berusia 14.000 tahun.

Melansir pemberitaan Daily Mail, Sabtu (8/8) disebutkan, para arkeolog menilai masyarakat purba ternyata memerlukan panduan perjalanan sama seperti masyarakat modern.

Para arkeolog ini menggali bebatuan di sebuah gua di Spanyol di kawasan Navarre, Barat Eropa. Dijumpai juga sejumlah ukiran berusia 14.000 tahun yang diduga hasil dari masyarakat pemburu-pengumpul Magdalenia.

Temuan para arkeolog ini dipaparkan di The Journal of Human Evolution yang menurut ilmuwan Spanyol merupakan sebuah peta. Tim yang dipimpin oleh Pilar Utrilla dari University of Zaragoza di Spanyol mengambil bebatuan tersebut di tahun 1994, namun dianalisanya 15 tahun kemudian.

Di permukaan batu tersebut terukir gambaran sungai, kolam dan semak-semak. Selain itu, terdapat juga sketsa hewan purba. Mereka berspekulasi gambar lingkaran mewakili daratan datar yang digenangi air.

“Semua perincian peta di batu itu menjelaskan perta sekitar lokasi gua. Bisa jadi ini merupakan rencana untuk berburu mereka atau kisah naratif dari apa yang telah terjadi pada masyarakat tersebut,” tulis tim ini dalam jurnal mereka.

Para arkeolog ini persisnya menemukan bebatuan tersebut di gua Abauntz Lamizulo yang diyakini tempat tinggalnya hewan mitos nymph berkaki burung yang masyarakat setempat menyebutnya ‘lamias’.

Dari gambaran peta tersebut, ilmuwan meyakini pola berpikir masyarakat purba yang mulai cerdas. Di batu itu terdapat juga gambaran gunung yang memakan waktu beberapa tahun bagi ilmuwan untuk menelitinya.

Temuan dan studi ini menarik perhatian arkeolog prasejarah Lawrence Straus dari the University of New Mexico di Albuquerque. “Ini adalah temuan yang spekatakuler. Ia memberikan kita sekilas cara masyarakat purba bernavigasi dan menjelaskan teritorialnya,” kata Lawrence.

Untuk rekor peta tertua sedunia adalah salah satu yang ditemukan di Eropa di Pavlov, Republic Czechnya yang berusia 25.000 tahun yang tertuang di atas batu menggambarkan gunung, sungai dan lembah seputar kawasan tersebut.

Sumber : harian-global.com