Sebuah perusahaan di Maryland di bawah kontrak Pentagon telah membuat sebuah robot yang dapat mengisi energy dirinya sendiri dengan material organic, seperti rumput, kayu, furniture tua bahkan mayat manusia. Perusahaan Robotic Technology Inc. tersebut telah menciptakan Energetically Autonomous Tactical Robot (EATR), yang dapat menemukan, mencerna, dan mengekstrak energy dari bioma lingkungan dan sumber energy organic lainnya, sama halnya dengan mengisi bahan bakar tradisional dengan gas, kerosin diesel, propan, dan solar.

Sumber energy bioma dan energy organic lainnya tersebut tidak terbatas untuk material tumbuhan, namun juga bisa hewan dan manusia juga dapat mengisi energy robot EATR ini, membakar bahan organic untuk memanaskan air dalam aliran tertutup untuk membangkitkan energy listrik. Keuntungan adanya robot EATR ini cocok untuk dunia militer dimana robot dapat bergerak fleksibel untuk mencari sumber energy dan berkeliaran selama beberapa bulan, bahkan tahunan, tanpa harus diisi ulang.

Dari platform EATR ini, Pentagon dapat mengembangkan untuk kebutuhan lainnya, seperti untuk trasnportasi, ambulans, pusat komunikasi bahkan senjata mobile. Robotic Technology merepresentasikan EATR sebagai kreasi artificial, walaupun tujuan awalnya ditujukan untuk kepentingan militer.(h_n)

It could be a combination of 19th-century mechanics, 21st-century technology — and a 20th-century horror movie. (foxnews.com)

Sumber : BERITANET.COM