Ketika dunia dikenai wabah berita kepergian Michael Jackson sang Raja Pop untuk selamanya, momentum inipun dimanfaatkan oleh para penyebar virus komputer.

Perusahaan yang bergerak di bidang keamanan computer Sophos menegarai adanya virus yang dikirimkan melalui email yangseolah-olah berisi lagu dan foto rahasia Michael Jackson yang akrab disapa Jacko tersebut. Email ini dikirim dari alamat sarah@michaeljackson.com dengan subjek “Remembering Michael Jackson”.

Penerima email akan mendapatkan attachment file yang berjudul “Michael songs and pictures.zip”. Apabila penerima membuka lampiran ini sebuah virus akan menginfeksi komputer pengguna dan kemudian secara otomatis menyebarkan worm ke pengguna internet lainnya.

Menurut Sophos, malware ini mampu menyebarkan virus melalui email serta menggunakan komponen autorun pada memori data USB.

Konsultan teknologi senior Sophos, Graham Cluley, mengatakan, banyak pengguna komputer yang mungkin akan tergoda untuk membuka lampiran disebabkan moment kematian “Raja Pop” yang saat ini santer diberitakan. “Para pengguna komputer seharusnya sekarang menyadari bahwa kejahatan dunia maya akan cepat menyebar dengan memanfaatkan berita untuk menyebarkan malware dan spam,” ujarnya. Untuk mencegah masalah, Shopos menyarankan setiap orang yang menerima email ini harus segera menghapusnya.

Sumber : grandparagon.com