PROBOLINGGO | SURYA – Seekor kambing milik pasangan suami istri Ahmad Farid dan Ismatul Hasanah warga Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo berwajah mirip manusia. Kambing itu dilahirkan induknya, Selasa (7/7) pukul 09.00 WIB.

Kemiripannya dengan wajah manusia, terlihat dari letak dua matanya yang berada di depan dengan dua lubang hidung di atas mulutnya. Kambing aneh itu lahir bersama dua kambing lainnya yang dilahirkan dari induk yang sama namun tidak mengalami kelainan genetik. “Induknya sejak pukul 05.00 WIB melahirkan. Yang aneh ini dilahirkan paling akhir sekitar pukul 09.00 WIB,” terang Ahmad Farid.

Kelahiran kambing yang memiliki kelainan genetik ini mengundang kedatangan warga. Rumah Ahmad Farid banyak didatangi warga yang ingin melihat kambing itu dari dekat.  Bahkan, beberapa warga nekat naik ke atas genteng karena ingin melihat kambing tersebut. “Anak kambing yang aneh ini saya taruh di dapur, takut hilang. Kalau kambing yang lain, saya taruh di kandang,” ujar Ismatul Hasanah, istri Ahmad Farid.
Karena rumah Ahmad Farid ramai dikunjungi warga, petugas Polsek Leces langsung mengamankan kambing tersebut di kantor polsek. “Ini untuk melindungi pemilik. Karena rumahnya diserbu warga yang memaksa masuk ke dalam rumah,” ujar Aiptu Suyono, anggota Polsek Leces kepada wartawan.

Sementara Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo, drh Yukti W menilai kambing berwajah anah itu karena mengalami kelainan genetic. “Tulang rawannya di bagian depan tidak ada. Sehingga moncongnya juga tidak ada,” katanya. atiqalirahbini

Sumber : surya.co.id