Fosil tiga spesies baru dinosaurus ditemukan di Australia, termasuk pemakan daging yang lebih besar dari Velociraptor di film Jurassic Park. Penemuan itu menunjukkan Australia mungkin memiliki dinosaurus yang lebih kompleks.

Dua dinosurus pemakan tumbuhan serta satu karnivora merupakan penemuan dinosaurus besar pertama sejak 1981. Penemuan terakhir di Queensland merupakan dinosaurus yang hidup 98 juta tahun lalu pada periode mid-Cretaceous.

“Ini tidak hanya menunjukkan pada kita raksasa berleher panjang di benua Australia, tapi juga predator besar pertama,” kata paleontologist John Long, kepala ilmuwan di Museum Victoria.

Paleontologist Ben Kear di La Trobe University di Melbourne mengatakan penemuan itu membuka jalan penelitian baru dinosaurus Australia dan lingkungan mereka.

Catatan dinosaurus Australia sangat minim dibandingkan di Amerika Utara, Amerika Selatan dan Afrika.

Dinosaurus theropod pemakan daging itu disebut Australovenator dengan sebutan Banjo. Sedangkan dua pemakan tanaman sauropod disebut Wintonotitan dan Diamantinasaurus.

“Seperti cheetah di masanya, Banjo sangatlincah. Dia dapat menjatuhkan korbannya dengan mudah,” kata Scott Hocknull, penulis yang dipublikasikan di website PLos One.[ito]

Sumber : inilah.com