Cara praktis dan Murah Membuat Air Sehat dengan Sinar Matahari

SODIS (Solar Water Disinfection) merupakan sebuah cara sederhana untuk memperoleh air minum yang sehat dengan memanfaatkan sinar matahari. Pada prinsipnya, SODIS dilakukan dengan menjemur air mentah dalam wadah transparan selama beberapa jam agar panas yang dihasilkan bersinergi dengan sinar UV (Ultra Violet) membunuh bakteri dalam air. Pendek kata, SODIS memang murah, dan yang lebih penting, benar-benar membunuh bakteri dalam air.

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan:
~Sediakan botol transparan, bening, dan tidak berwarna. Misalnya botol bekas air dalam kemasan merk apa saja, meskipun disarankan anda             menggunakan botol berbahan kaca/gelas. INGAT! Botol tidak perlu terlalu besar karena sinar matahari tidak akan optimal dalam memanaskan       air dalam botol yang berukuran besar.

~Bersihkan botol sebelum diisi air, dan digunakan untuk menjemur air.

~Setelah benar-benar bersih, isi botol tersebut dengan air mentah hingga penuh, dan kemudian tutup rapat-rapat. Pastikan air yang akan diolah     tersebut cukup bening, jangan keruh. Karena sinar Ultra Violet tidak akan mampu menembus air yang keruh.

~Jemur dibawah terik matahari dengan posisi botol rebah (jangan berdiri). Lama penjemuran dari pagi hingga sore, atau paling sedikit jemurlah      selama 6 jam. Jika tidak mendapatkan sinar matahari yang maksimal, maka lakukan penjemuran air ini selama 2 hari.

~Air dalam botol siap dikonsumsi.

Selamat mencoba !

Sumber : fasilitator-masyarakat.org