LONDON – Lebih dari 1.000 spesies asli berpotensi terkena serangan racun yang menyebar dari kumbang harlequin.

Hasil studi para peneliti ini mengungkapkan bahwa seekor kumbang harlequin berpotensi membahayakan serangga, parasit dan jamur yang hidup di sekitarnya.

Sejak kemunculannya di Inggris Utara pada 2005, harlequin langsung membentuk koloni dan berkembang sangat pesat. Sekarang, habitat harlequin dapat ditemukan di penjuru daerah Inggris mulai dari Essex hingga Orkney. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (30/6/2009). 

Dr Helen Roy, dari Centre for Ecology and Hydrology, mengatakan keberadaan serangga asli akan semakin tersisih dan menyusut seiring dengan kian gencarnya peningkatan jumlah harlequin.

“Kami percaya, jika tidak segera ditindaklanjuti, dampak negatif harlequin di Inggris akan semakin memburuk, bahkan berpotensi memusnahkan lebih dari 1.000 spesies asli,” kata Helen.

Tahun ini, diperkirakan ada sekira satu miliar harlequin mengancam keselamatan telur kumbang berlainan jenis, larva kupu-kupu dan telur hewan serangga lainnya.

Awalnya, kumbang harlequin berasal Asia dan dibawa ke AS 25 tahun lalu. Jenis serangga ini diperkenalkan ke Inggris sebagai pest controller ramah lingkungan.

Namun rupanya, perkembangan harlequin menjadi kian pesat dan tak terkendali. Serangga ini terutama mengeluarkan racun yang menginvasi makhluk hidup di sekitarnya. (srn)

Sumber : okezone.com

Iklan