Jakarta – Virus HIV/AIDS masih menjadi momok mengerikan bagi umat manusia. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan para penderita penyakit tersebut. Namun seorang pria asal Inggris mengklaim telah sembuh dari virus HIV setelah sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus mematikan itu.

Ini merupakan kasus pertama di dunia. Pengakuan Andrew Stimpson itu dimuat dua koran Inggris, News of the World dan Sky News. “Saya merasa benar-benar spesial dan beruntung,” ujar Stimpson kepada News of the World.

“Semua dokter bilang pada saya bahwa ini keajaiban medis,” ujar pria berusia 25 tahun itu seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (14/11/2005).

Seorang juru bicara Lembaga Kesehatan Chelsea dan Westminster memastikan bahwa hasil tes terhadap seorang pasien HIV yang ditanganinya terbukti negatif. Padahal 14 bulan yang lalu, pasien ini dinyatakan positif tertular HIV pada Mei 2002 lalu.

Juru bicara tersebut mengaku tidak tahu apakah ada kekeliruan dalam tes awal. “Dia memang dites positif dan kemudian dinyatakan negatif, namun menyangkut penyembuhan dirinya, kami tidak tahu karena dia belum kembali untuk tes-tes lebih lanjut,” imbuhnya.

Patrick Dixon, dokter dan pakar HIV mengatakan, ini pertama kalinya seseorang mengenyahkan virus tersebut dari tubuh mereka. “AIDS merupakan masalah yang begitu signifikan yang saat ini kita belum mendapatkan penyembuhannya,” tutur Dixon.

“Jika kita bisa menemukan antibodi yang dia hasilkan, yang memungkinkan dia mengusir virus itu, kita secara teori bisa menemukan cara untuk menghasilkan antibodi itu dan menjadikannya sebagai semacam pengobatan,” imbuhnya.

Penyakit AIDS diduga telah merenggut setengah juta jiwa, khususnya di Afrika. Menurut para pakar, ada hampir 36 juta penderita HIV/AIDS di seluruh dunia. ( ita )

Sumber : infoanda.com

Iklan