Beberapa ekor anak rubah Fennec kini mendapat perhatian dunia khususnya para pengunjung di kebun binatang Tokyo. Pasalnya, hewan-hewan berusia beberapa bulan ini memiliki penampilan yang mirip dengan salah satu tokoh Pokemon.

Melansir pemberitaan Daily Mail, Rabu (24/6) disebutkan, anak-anak rubah Fennec ini siap akan menjadi ikon sosok Pokemon yakni Pikachu. Pikachu adalah Pokemon kesayangan Ash Ketchum. Pokemon ini adalah semacam pika berwarna kuning dan punya keistimewaan tenaga listrik. Pikachu bisa ditemukan di hutan, ladang dan tempat-tempat sumber tenaga listrik. Pikachu kerap dikejar-kejar oleh Team Rocket karena mereka menganggap Pikachu adalah Pokemon yang istimewa.

Anak-anak rubah Fennec ini lahir pada 17 Mei lalu di Sunshine City Aquarium di Tokyo, Jepang. Namun mereka butuh sebulan istirahat untuk dipersiapkan debut mereka di hadapan publik.

Rubah padang pasir ini dapat ditemukan di alam liar di Gurun Sahara, dan kini mulai dipelihara manusia sebab induknya sering tidak mampu merawat anak-anaknya. Pihak kebun binatang Chieko Suzuki mengatakan, “Induk anak-anak rubah ini semula membesarkannya sendiri. Tapi, tak berapa lama dia tidak mampu lagi. Jadi, 10 hari setelah kelahiranya, kami memindahkan anak-anak rubah Fennec itu dan kami rawat.”

Rubah fennec lebih bergantung pada pendengaran daripada penglihatannya saat dalam kegelapan. Binatang ini memiliki telinga besar yang bisa menangkap suara pada waktu malam guna membantunya mengintai musuh. Telinga ini juga membantu menyejukkan badannya pada siang hari. Pada kakinya terdapat bulu halus yang apabila berjalan di padang pasir, kaki mereka tidak terbakar.

Saat lahir anak rubah Fennec ini memiliki berat 38 gram, tapi begitu dewasa bisa mencapai 1,5 kg dengan panjang sekitar 75 cm termasuk ekornya. Masih banyak perdebatan soal jenis hewan ini apakah dimasukkan pada spesies rubah atau tidak. Namun, satu hal yang diketahui manusia adalah hewan ini cukup jinak dan tidak berbahaya bagi manusia dan hewan piaraan lainnya.GLOBAL

Iklan