Robot Albert Einstein (Foto: AP)

LONG BEACH – Ilmuwan terkemuka Albert Einstein tiba-tiba dapat hidup kembali dan melemparkan senyum sampai mengkedipkan mata.

Namun, Einsten yang dimaksud adalah robot yang dibuat oleh beberapa ilmuwan. Robot tersebut memang dibuat dengan memakai wajah Einsten, akan tetapi untuk tubuh hanya dibuat berbentuk robot pada umumnya. Demikian yang dilansir Reuters, Jumat (6/2/2009).

Robot Einsten ini sendiri mampu berjalan, walaupun tidak terlalu sempuran. Meski begitu, untuk urusan sensor motorik, robot ini mampu menggerakan mata, tersenyum, dengan mimik wajah yang mendekati wajah manusia aslinya.

“Dengan menggunakan 32 motor sensor, mimik wajah Robot Einsten mendekati nyata. Dengan dua kamera di matanya, membuatnya menjadi lebih interaktif,” jelas David Hanson, salah satu ilmuwan komputer dari University of California, San Diego.

Penyempurnaan terus dilakukan oleh para ilmuwan tersebut, agar bisa membuat Eisten dapat bergerak natural. Bukan tidak mungkin, nantinya Einstein benar-benar hidup untuk berkeliling dunia menyapa pengagumnya. (srn)

Sumber : okezone.com

Iklan