Islamist insurgents sentence four men to amputation in Mogadishu after they were accused of theft of a pistol and three mobile phones (Reuters)

Mogadishu (BCZ) Pemerintahan Militan Somalia menjalankan hukuman potong tangan dan kaki terhadap empat orang pencuri di hadapan 200 orang warganya di Mogadishu. Keempat pemuda ini sebelumnya terbukti melakukan pencurian ponsel dan senjata api dari kediaman warga di Ibukota Sumalia tersebut.

“Berdasarkan hukum Islam, orang-orang yang terbukti melakukan pencurian dan perampokan akan dikenai hukuman seperti ini,” kata juru bicara pemerintah.

Warga diijinkan untuk menyaksikan secara langsung proses pelaksanaan hukuman, namun mereka dilarang untuk membawa kamera ataupun ponsel selama hukuman ini dijalankan.

Dua orang tukang jagal yang memakai masker mengamputasi keempat orang ini dengan menggunakan samurai khas Somalia yang disebut dengan nama Torey. Kesehatan mereka diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan hukuman tersebut tidak membahayakan nyawa mereka.

“Keempatnya berteriak kesakitan saat samurai membelah bagian tubuh mereka. Dalam waktu singkat saya melihat mereka telah kehilangan tangan kanan dan kaki kiri mereka. Wajah-wajah mereka menunjukkan kesan penyesalan yang sangat dalam,” kata Ali Ibrahim, seorang warga yang menyaksikan proses hukuman ini dilangsungkan.

“Kebanyakan dari warga memalingkan wajah mereka ketika hukuman ini dijalankan. Kelihatan sangat menyakitkan, namun semoga hal ini bisa mengurangi kasus perampokan dan pencurian di daerah ini,” kata Farah Mohammed, seorang saksi yang lain. (jhs)KEPRI-TODAY.COM