WASHINGTON – Dunia arkeologi mendapatkan temuan sejarah terbaru, yaitu sebuah desa yang disinyalir ikut hancur pada saat keruntuhan kekaisaran Roma pada masa kegelapan. Reruntuhan desa tersebut ditemukan pada penggalian situs di Salzburg, Austria.

Menurut laporan yang dilansir dari Austrian Times, Senin (6/4/2009), para penggali menemukan sisa-sisa keberadaan desa yang diperkirakan ada pada abad kelima hingga tujuh. Lahan seluas 6.000 meter persegi ini konon dibangun sebagai tempat tinggal bagi para pensiunan Anif-Niederalm di daerah Flachgau.

Ahli Arkeologi mengatakan, penduduk sekitar tidak mengetahui hal istimewa yang terdapat pada situs ini, namun menurut mereka temuan ini dapat menjadi titik terang untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah masyarakat setempat.

Yang membuat para arkeolog bangga, temuan ini pun sekaligus tercatat sebagai penemuan terbesar dari periode sejarah di Salzburg.

Pemukiman ini menyimpan banyak bangunan kayu, benda-benda perhiasan, peralatan seperti palu, besi landasan, dan kapal pengangkut barang.

Menurut para arkeolog yang bekerja pada penggalian situs ini, mereka akan menyelesaikan pekerjaan mereka secepat mungkin sebelum konstruksi bangunan bagi para pensiunan tersebut diumumkan secara resmi. (srn)

Sumber : okezone.com