JOMBANG – SURYA-Dunia semakin aneh saja. Seekor kambing di Jombang memiliki kebiasaan unik, yakni ketagihan mengonsumsi rokok. Dalam sehari, kambing yang diberi nama Kotrik ini bisa menghabiskan rata-rata 10 batang rokok. Hanya saja, rokok tersebut tidak diisap, melainkan dikunyah layaknya rumput.

Kambing aneh tersebut adalah milik Trimo, 59, warga Dusun Kemuning, Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Jombang. Memang sepintas Kotrik tidak jauh berbeda dengan kambing pada umumnya. Namun, apabila ada orang yang mendekatinya dengan membawa rokok, kambing tersebut langsung meronta dan mendekat pada orang yang membawa rokok tersebut. Kambing tersebut langsung mengendus seolah meminta agar diberi rokok. Begitu sebatang rokok disodorkan ke mulutnya, barulah Kotrik tenang dan langsung melahap habis rokok tersebut.

Menurut Muginah, 56, istri Trimo, dalam sehari saja, selain makan rumput, Kotrik rata-rata menghabiskan 10 batang rokok. Kebiasaan itu sudah berjalan hampir lima tahun.
“Kami memang sempat heran. Kalau tidak diberi rokok, Kotrik pasti ngamuk, ngambek tidak mau makan rumput sama sekali,” kata Muginah, Kamis (18/6).

Diveritakan, awalnya Trimo maupun Muginah tak tahu jika kambingnya doyan mengunyah rokok. Mereka baru mengetahui saat hendak memberikan rumput kepada kambingnya, sekitar lima tahun lalu.
Saat itu, tiba-tiba Kotrik tidak mau makan rumput, tapi justru mengendus rokok yang saat itu berada di tangan Trimo kemudian merebut dan mengunyahnya. Setelah rokok habis, barulah Kotrik mau memakan rumput.

Kejadian itu terus berulang. Setiap kali Trimo membawa rokok, Kotrik selalu mengembik lebih keras seolah meminta rokok yang dibawa Trimo.

Karena kebiasaan itu terjadi setiap hari, akhirnya Trimo menyerah dengan keanehan kambingnya. “Saya sendiri tidak tahu mengapa Kotrik seperti itu. Ya, akhirnya saya menuruti saja kemauannya. Kalau tidak dituruti, dia pasti ngamuk dan nggak mau makan rumput,” lanjut Trimo.

Sumber : surya.co.id