OTTAWA – Obat diabetes rupanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lebih dari itu, materi dalam pil diabetes dapat digunakan sebagai vaksin dan pengobatan kanker.

Temuan ini merupakan hasil penelitian ilmuwan Kanada dan Amerika. Dalam penelitian ini, mereka mengujinya pada tikus.

Ketika tikus diberikan obat diabetes bernama metformin, tubuh mereka memperlihatkan peningkatan jumlah sel sistem imun yang bisa mencegah terjadinya infeksi dan sangat bermanfaat dalam vaksinansi. Demikian keterangan yang dikutip dari The Globe and Mail, Jumat (12/6/2009).

“Meski masih tahap awal, namun kami yakin hasil temuan ini memiliki potensi untuk memperbaharui metode terapi kanker dan perlindungan vaksin,” kata Yongwon Choi dari University of Pennsylvania.

“Banyak gen yang terlibat dalam penyakit diabetes yang juga memainkan peran dalam perkembangan kanker,” kata Russell Jones dari McGill University memperjelas keterangan rekannya.

“Terdapat pula data akurat yang menyatakan bahwa diabetes cenderung berkembang menjadi penyakit kanker tertentu,” imbuh Jones.

Dijelaskan oleh Jones, studi ini pada dasarnya mengemukakan metode pengobatan kanker dengan cara merujuk target jalur metabolisme yang sama dengan penyakit diabetes. Dari sini dapat diketahui seberapa baik fungsi sistem imun seseorang.

Para peneliti juga menambahkan, metformin dapat pula digunakan oleh orang yang tidak menderita diabetes untuk meningkatkan respons tubuh terhadap vaksin atau sebagai pengobatan kanker terbaru yang bergantung pada sistem imun.
(srn)

Sumber : okezone.com