YERUSALEM – Untuk memperkuat armada militernya, Israel menciptakan senjata perang baru dalam bentuk sebuah robot ular. Robot ini dilengkapi dengan kamera dan mikrofon pada bagian kepalanya.

Cara kerja robot ini dipresentasikan dalam sebuah tayangan video yang disiarkan oleh salah satu TV nasional Israel. Dalam tayangan tersebut, robot ular bisa merayap seperti ular sungguhan, memasuki gua, retakan tanah, terowongan dinding, dan lain-lain.

Para tentara bisa memantau keadaan melalui kemampuan canggih si ular. Karena pada saat ular dilepaskan, dia akan merekam semua peristiwa yang terjadi dan mengirimkannya langsung ke sebuah sistem komputer pusat dalam bentuk video. Demikian keterangan yang dikutip dari Yahoo News Tech, Jumat (12/6/2009).

Robot ular ini memiliki panjang sekira enam kaki. Kulitnya terbuat dari bahan yang dirancang khusus bagi kepentingan militer, memiliki warna yang bisa berkamuflase dengan keadaan sekitranya.

Dia bisa melata di tanah berpasir, rumput, ataupun bebatuan. Sebelumnya perancang ular ini telah mempelajari struktur tubuh ular agar menghasilkan robot yang benar-benar bisa bergerak seperti ular sungguhan.Hingga saat ini robot ular ini masih terus dikembangkan. Militer Israel berencana untuk melengkapinya dengan alat pertempuran yang lebih canggih.

Mereka pun akan menambahkan penyimpanan bom dalam perut ular sehingga bisa meledakkan target yang dituju. (okezone.com)