Seorang pria mengirim sebuah foto kepada sebuah surat kabar. Ia mengatakan bahwa Foto tersebut diambil di danau Mascardi, Argentina. Foto itu memperlihatkan satu sosok makhluk hidup menyerupai ular yang belum pernah dilihat sebelumnya. Apakah makhluk itu adalah seekor monster danau yang baru muncul? Ataukah makhluk itu adalah nahuelito yang legendaris?

“Ketika aku melihat makhluk itu menyelam, aku mengira makhluk itu adalah seekor berang-berang. Namun ketika kepalanya muncul ke atas permukaan air, aku terkejut. Hewan itu belum pernah kulihat sebelumnya dan aku menjadi ketakutan .” Kata sang pengirim foto.

Spekulasi muncul bahwa makhluk itu adalah Nahuelito yang legendaris. Nahuelito adalah makhluk air yang sering terlihat di danau Nahuel Huapi di Argentina. Penampakan Nahuelito pertama kali terjadi pada tahun 1910 ketika George Garret menulis kesaksiannya bahwa ia melihat seekor makhluk sepanjang sekitar 5-7 meter di danau Nahuel Huapi.

Selain danau Nahuel Huapi, makhluk aneh juga sering terlihat di danau-danau lainnya di Argentina. Sebelumnya, pada tahun 1897, Dr. Onelli, direktur taman Zoologi Buenos Aires menerima laporan mengenai adanya makhluk aneh yang menghuni Lagos Patagonicos dan mulai mengorganisir tim untuk melakukan ekspedisi pencarian. Namun ekspedisi itu tidak menghasilkan sesuatu.

Pada tahun 1960, Angkatan laut Argentina mengakui menjumpai objek bawah air di wilayah perairan Argentina selama 18 hari berturut-turut tanpa dapat mengidentifikasinya. Hipotesis yang paling populer tentang Nahuelito adalah bahwa ia adalah seekor plesiosaurus yang selamat. Sama seperti Nessie di Lochness. Mungkin suatu hari monster danau Mascardi akan menjadi sama legendarisnya dengan Nessie.