Perusahaan Internet Yahoo! Inc. kemungkinan akan menjual unit bisnis mesin pencarinya (search engine) kepada Microsoft. Hal ini terungkap dalam konferensi All Thing Digital yang digelar di California kemarin.

Chief Executive Officer Yahoo! Carol Bartz mengatakan akan menjual mesin pencari Yahoo! (Yahoo! Search Engine) tersebut apabila Microsoft sepakat dengan harga penawaran yang diusulkan oleh Yahoo! Inc.

Carol Bartz juga mengindikasikan kemungkinan Microsoft mengakuisisi 100% saham Yahoo! . “Tapi mereka harus membawa uang yang banyak,” ujar Bartz tanpa memberi perincian berapa harga yang harus dibayar Microsoft.

Tampaknya Microsoft dan Yahoo! memang berusaha menumbangkan dominasi google.Inc dalam bisnis mesin pencari internet. Berdasarkan riset dari lembaga riset sektor tehnologi informasi ComScore.Inc. pada bulan april lalu bahwa 64,2% pengguna internet di AS menggunakan Google Search engine sebagai mesin pencari dalam melakukan pencarian di internet. Mesin pencari Yahoo! (Yahoo! Search Engine) menempati urutan kedua dengan pangsa pasar 20,4% dan sementara mesin pencari Microsoft menempati urutan ketiga dengan pangsa pasar hanya sebesar 8,2%.

Juru bicara Microsoft , Frank Shaw menolak mengomentari soal kabar pembelian mesin pencari Yahoo!. dan yang jelas Microsoft berencana mengumumkan versi terbaru mesin pencari internet mereka yaitu Bing Search Engine.

Bing Search Engine yang dirilis oleh Chief Executive Microsoft, Steve Ballmer ini akan mennggantikan MSN Live Search yang selama ini gagal bersaing.

Sebelumnya, tahun lalu juga telah tersebar isu bahwa Microsoft akanmengakuisisi Yahoo!, namun rencana tersebut terkendala gara-gara tidak tercapainya kesepakatan. Saat itu Microsoft berniat mengelola bisnis mesin pencari Yahoo! dan bisnis iklan Yahoo! dan sebagai imbal baliknya, Yahoo! akan menangani seluruh iklan yang dipajang di situs Microsoft.

Sumber : yepiye.wordpress.com

Iklan