Sekitar 300 peserta dari 11 negara berkumpul dengan penampilan janggut dan kumis yang unik untuk mengikuti kontes ke-9 World Beard and Moustache Competition

(WBMC) di Alaska. Kontes ini merupakan sebuah ajang sayembara memperebutkan berbagai kategori untuk model kumis dan janggut yang unik.

Sebagaimana diberitakan Daily Mail, Selasa (26/5) disebutkan, setelah melewati berbagai finalis, akhirnya David Traver dari Anchorage, Alaska dinobatkan sebagai pemenangnya dengan model kumis dan janggut menyatu dan dianyam seperti tikar ke bawah. Berkat kumis dan janggut Traver yang unik sepanjang 20 inchi tersebut, dia berhak mendapatkan piagam emas dan tiket wisata memancing ikan salmon.

Sementara itu, di posisi kedua jatuh pada Benjamin Juergens dari Los Angeles dengan model kumis dan janggutnya yang disebut Imperial Partial Beard dengan penampilan mirip kambing. Dan di tempat ketiga posisinya jatuh pada Jack Passion dari San Francisco untuk kategori Natural Full Beard.

Phil Olsen, pendiri Beard Team USA mengatakan, “Kontes kumis dan janggut untuk tahun ini cukup meriah dan semarak.” Banyak para peserta memiliki model kumis dan janggut yang unik mulai dari yang terlebat, mirip Sinterklas hingga kumis dan janggut yang tipis namun runcing.

Kontes serupa sebelumnya pernah digelar di Brighton pada tahun 2007 dan dimenangkan Elmar Weisser dari Brigachtal, Jerman dengan model kumis dan janggutnya berbentuk Tower Bridge. Elmar dari Klub Swabian Jerman ini juga pernah menjuarai kontes serupa di Berlin tahun 2005.

Ke-18 pemenang dengan berbagai kategori ini sebelum kembali pulang ke negaranya masing-masing harus menjalani acara amal terlebih dahulu. Ternyata, bukan hanya model dan penampilan kumis serta janggut yang dinilai. Diam-diam para juri juga menilai penampilan dalam berpakaian dan sikap para peserta.

Inilah pemenang dari kontes kumis dan janggut unik sedunia :


ARI JULIANTO | GLOBAL