Kuda yang diberinama Duke asal Inggris ini bisa jadi sekarang adalah kuda tertinggi sedunia dengan tinggi tubuh mencapai 19 hands (satuan tinggi kuda) atau 6 kaki 8 inci.

Melansir pemberitaan Telegraf, Rabu (27/5) disebutkan, sang pemilik hewan besar ini hanya memberi diet teh herbal dan sejumlah apel untuk santapan Duke. Sara Ross, pemilik kuda yang beratnya dua ton ini terkejut dengan pertumbuhan tinggi hewan piaraanya itu. “Sebelumnya, Duke pernah jatuh sakit selama enam pekan. Tapi, dia mulai sembuh dengan menjalani diet teh herbal dan apel. Namun, kami melihat terjadi peningkatan dalam pertumbuhan badannya,” jelas Ross.

Duke yang berusia enam tahun ini mulai mengimbangi kuda-kuda tertinggi sedunia lainnya seperti Radar, seekor kuda Belgia Kanada yang ada di Texas yang tingginya mencapai 6 kaki 7 ½ inci dan seekor kuda tinggi lainnya dari Australia yang diberinama Noddy yang tingginya mencapai 6 kaki 8 inci. Ketiga hewan ini rencananya akan berlomba untuk mendapat predikat sebagai Kuda Tertinggi Sedunia.

Duke yang takut dengan tikus ini harus meminum air lebih dari 20 galon, 5 galon teh herbal dan 20 pon rumput, jerami dan gandum setiap harinya. Ross yang mengelola Peternakan Horse Refuge dekat Tenterden, Kent di Inggris ini merasa bangga memiliki Duke yang pertumbuhannya terus bertambah.

Untuk diketahui, rekor kuda tertinggi sedunia versi Guinness World Record kini dipegang oleh Radar dengan tinggi 6 kaki 7½ inci meski digeser oleh Noddy, namun belum resmi dan mungkin juga gelar tersebut akan dimiliki Duke. Kita tunggu saja keputusan pihak Guinnes World Record nanti.

ARI JULIANTO | GLOBAL