Col yang sedang bekerja.

Seorang mekanik buta membagi rahasia bagaimana caranya ia membetulkan mesin mobil. Ternyata hanya dengan mendengar dan menyentuh, ia dapat menemukan masalah yang terdapat dalam sebuah mobil.

Sudah lebih dari 30 tahun Col Collewijn bekerja di garasi Nuis, Holland, meski ia telah kehilangan penglihatannya semenjak berusia 8 tahun.

Ia mengatakan, “Selama semua peralatan yang biasa saya gunakan berada di tempat biasa dan tak ada sekrup yang jatuh, saya pasti bisa bekerja sendiri dengan efisien.

“Saya lakukan semuanya dengan mempercayai organ perasa dan pendengaran saya. Saya dapat mengetahui ada getaran yang aneh atau ada bunyi tak biasa dari mesin atau bagian lain dari mobil.

“Beberapa mekanik harus membongkar hampir seluruh bagian mobil untuk mencari tahu masalah dari mobil tersebut, namun kadang kala dengan mendengar atau meraba, saya dapat menemukan dengan jelas dimana masalahnya dan langsung memperbaiki tempat yang bermasalah tersebut.

“Dan salah satu keunggulan saya dibandingkan dengan mekanik lain, saya dapat bekerja dalam gelap,” ujarnya sambil tertawa.ASTAGA.COM

