ASIMO dikendalikan dengan pikiran (cnet)

Tokyo – Perusahaan terkemuka Jepang, Honda menelurkan inovasi terbarunya dalam teknologi robot. Produsen kendaraan bermotor ini mengembangkan robot yang bisa dikendalikan cukup dengan pikiran manusia.

Seseorang cukup memakai helm khusus yang dapat mengukur aktivitas otak dan mengirimkan sinyal pada sang robot. Selanjutnya bim salabim, robot pun dapat bergerak sesuai apa yang dipikirkan oleh orang tersebut.

Robot yang jadi bahan percobaan adalah versi baru ASIMO, robot populer Honda. ASIMO kini dibekali sistem bernama brain machine interface (BMI) sehingga dapat dikendalikan cukup dengan pikiran.

“Hanya dengan berpikir menggerakkan tangan kanan contohnya, seseorang bisa menggerakkan tangan kanan ASIMO,” jelas Tatsuya Okabe, salah satu periset di Honda Research Institute Japan yang dilansir AFP dan dikutip detikINET, Rabu (1/4/2009).

Okabe menambahkan bahwa akurasi gerakan robot bakal tergantung dari kemampuan orang berkonsentrasi memikirkan gerakan yang diinginkan. Robot dengan teknologi semacam ini nantinya diharapkan bisa membantu pekerjaan rumah tangga manusia.

Presiden Honda Research Institute mengakui teknologi ini memang masih dalam tahap dasar. Namun pihaknya berharap suatu saat dapat mengkomersialkannya. Sebelumnya juga sudah ada teknologi yang mirip. Hanya saja saat itu bukan manusia yang mengendalikan robot melainkan monyet. ( fyk / ash )

Sumber : DETIKINET