WASHINGTON – Iklan pencarian hacker-hacker handal yang dibutuhkan oleh pemerintah Amerika rupanya cukup menarik perhatian. Bahkan jumlah hacker yang dibutuhkan meningkat.

“Dari sekira 80 hacker yang dibutuhkan pada tahun lalu, Amerika memprediksi angka ini akan meningkat hingga tahun 2011 nanti menjadi sekira 250 orang,” ujar Sekretaris Jenderal Pertahanan Amerika Robert Gates, seperti dikutip melalui Star-tech Central, Selasa (28/4/2009).

Menurut Gates, Amerika memberikan insentif yang cukup besar untuk melakukan perekrutan dan training bagi para hacker terpilih. Hal ini dikarenakan rentannya jaringan pertahanan Amerika terhadap serangan dunia maya.

Langkah ini ternyata merupakan hasil dari review teknologi yang dilancarkan Obama selama 60 hari sejak ia bersumpah menjadi Presiden Amerika ke-44. Dalam temuan tersebut dinyatakan bahwa Amerika membutuhkan banyak bantuan untuk mengatur jaringan dengan lebih baik dan menggunakan teknologi yang lebih canggih untuk melindungi data apapun, termasuk memproteksi kode peluncuran nuklir dan sistem aviasi untuk kepentingan penerbangan.

Lebih lanjut Gated mengatakan, hacker yang terpilih tidak hanya mengerti taktik dan perangkat meng-hack. Namun mereka juga harus mampu menganalisa trafik internet dan mengidentifikasi kelemahan pada sistem pemerintahan. (srn)

Sumber : okezone.com