WASHINGTON – Tim ilmuwan Amerika sangat yakin bahwa mereka menemukan lembah sungai luas yang baru terbentuk di planet Mars.

Times of India, Sabtu (9/5/2009) melansir, kebanyakan sistem aliran sungai di Mars ada selama masa awal sejarah planet tersebut, sebelum terjadinya kondisi transisi iklim serta cuaca di Mars menjadi lebih dingin dan kering.

JL Dickson, CI Fassett, dan JW Head, dari Department of Geological Sciences, Brown University, melaporkan bukti temuan mereka berupa sistem aliran lembah sungai yang terbentuk selama pertengahan jaman Amazon, sekira 1,8 miliar tahun lalu.

Berdasarkan data yang mereka kemukakan, sistem aliran sungai ini berlokasi di kawah gunung berapi, Lyot di sebelah utara pertengahan garis lintang. Mereka memperkirakan aliran ini memiliki panjang sekira sepuluh kilometer.

Hasil penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa keseluruhan kondisi Mars selama pertengahan jaman Amazon terlalu dingin sehingga tidak bisa mendukung adanya aliran air di sana.

Bagaimanapun, mereka mengemukakan bahwa lingkungan mikro di kawah Lyot memiliki tekanan permukaan tinggi yang disebabkan oleh peninggian dataran. Pada saat terjadi kombinasi dengan kondisi temperatur setempat, akan melelehkan permukaan es.

Mereka pun menambahkan, endapan sungai es yang terdapat pada kawah menandakan bahwa sungai es menghasilkan air dari lelehan es untuk membentuk sistem aliran sungai ini.

Sumber : infogue.com

Iklan