SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang pria Inggris akhirnya terpilih sebagai pemenang dalam sayembara menjadi penjaga sebuah kepulauan indah di Australia. Pekerjaan itu dalam enam bulan terakhir disebut-sebut sebagai pekerjaan terbaik di dunia.

Ben Southall (34), seorang pengumpul dana amal dari Petersfield, Hampshire, mengalahkan 34.000 pelamar dari 200 negara.

Pekerjaan baru ini mewajibkan Southall tinggal dan melaporkan segala hal tentang Pulau Hamilton yang masuk wilayah Queensland. Proses seleksi itu dinilai meningkatkan citra wisata Australia di tengah krisis ekonomi.

Southall terpilih di antara 16 finalis yang bersaing untuk mendapatkan gaji 150.000 dollar Australia (sekitar Rp 1,1 miliar). Namanya diumumkan sebagai pemenang dalam upacara bergaya acara reality show di televisi oleh Departemen Pariwisata Queensland.

Southall, yang mendapatkan ucapan selamat dari lawan-lawannya, begitu namanya diumumkan, segera menyiapkan diri untuk tugas barunya. Selain mendapat gaji menggiurkan, ia juga mendapat jatah rumah di tepi pantai dengan tiga kamar tidur, sebuah kolam renang dan peralatan golf.

Sebagai penjaga pulau, Southall juga bertugas melaporkan kondisi pulau ke seluruh dunia melalui blog, galeri foto, video, dan serangkaian wawancara.

Sumber : kompas.com