Sebuah mumi yang berdasarkan hasil alat pemindai CT ternyata berwujud seekor anak anjing berusia 2.300 tahun berhasil ditemukan di sebuah makam Mesir baru-baru ini. Sebagaimana dilansir Discovery Channel, Sabtu (2/5) disebutkan, mumi anak anjing ini ditemukan di posisi kaki sebuah mumi manusia yang diduga majikannya.

Para ilmuwan dari University of Pennsylvania memberi nama mumi anak anjing itu ‘Hapi-Puppy’ karena ditemukan bersama mummi yang di makamnya terdapat inskripsi ‘Hapi-Men’ yang diyakini majikannya. Mummi itu termasuk salah satu mummi hewan yang cukup langka, sebab belum pernah ditemukan sebelumnya. Bangsa Mesir Kuno sering mengawetkan hewan, seperti kucing, burung, dan bahkan buaya tapi jarang mengawetkan anjing.

Jennifer Wegner, ilmuwan riset senior di museum Mesir menjelaskan tidak seperti kebanyakan hewan yang diawetkan, bangsa Mesir kuno tidak memiliki dewa anjing, kalaupun ada hewan hanya merujuk pada dewa Anubis, tapi itupun jenis jackal. “Dalam kasus ini, terlihat bahwa Hapi-Men ingin dimakamkan bersama hewan peliharaan kesayangannya,” tambahnya.

Anjing itu memiliki kaki seperti yang dimiliki jenis Jack Russell. Kepalanya panjang dan memiliki jari-jari kaki yang terpisah. Wegner mengatakan bangsa Mesir Kuno biasanya memelihara dua jenis anjing, greyhound dan sebangsa corgi.

Bangsawan Mesir senang memilihara hewan. Bahkan, Raja Intef Wahankh II dimakamkan bersama tiga ekor anjing pemburu miliknya yang masing-masing diberinama Gazelle, Greyhound dan Black. Berdasarkan gambaran yang diperoleh, Cleopatra yang terkenal itu pun pernah memeliharai beberapa ekor kucing.

Sang majikan mumi anak anjing ini diduga meninggal saat ia berusia 40 tahun. Para ahli meyakini hewan itu dibunuh menyusul kematian sang majikannya. Janet Monge, kurator di museum Anthropologi Fisika yang tertarik mengkaji temuan ini mengatakan, “Di masa itu mereka mempercayai bahwa hidup di Bumi sangat singkat. Jadi Hapi-Men ingin menghabiskan seluruh hidupnya yang abadi di alam lain bersama anjingnya.”

ARI JULIANTO | GLOBAL

foto : MSNBC.com

Iklan