Kelinci terbesar sedunia yang berusia 4 tahun tiba-tiba mati usai si pemiliknya membawa hewan piaraannya yang tercinta ini terbang dari Inggris menuju Italia untuk ambil bagian dalam sebuah pertunjukan Televisi. Melansir pemberitaan Telegraf, Selasa (5/5) disebutkan, Amy sang Kelinci Terbesar Sedunia versi Guinness World Records ini memiliki panjang hampir 1,219 meter dan berat 22,225 kg.

Menurut pemiliknya, Annete Edwards, Amy mati karena serangan jantung usai melakukan perjalanan dari Worcester menuju Milan. Amy rencananya akan muncul di TV Italia dalam acara Record Breakers versi Italia. Namun malang, Amy mati di kamar hotel sebelum bisa muncul tayang di TV Italia.

Tahun lalu, kelinci rakasasa betina ini merebut gelar sebagai kelinci terbesar sedunia versi Guinness dari mahkota Roberto yang memiliki berat 15,875 kg dan panjang 106, 68 cm. Baik Amy dan Roberto adalah kelinci milik Annete Edwards. Saking besarnya, Amy terpaksa harus tidur diluar kandang anjing. Setiap hari Amy makan makanan khusus kelinci yang diletakkan di mangkuk makanan anjing dan 2 buah apel, segenggam penuh wortel, separuh kubis dan rumput yang segar.

Annette mengatakan, “Sungguh aneh, sebelum berangkat dia sehat-sehat saja dan tidak menunjukkan adanya penyakit ketuan.” Untuk diketahui, Amy sudah melahirkan 30 ekor bayi kelinci dari Roberto. Namun demikian Annete berharap agar anak mereka nantinya bisa menggantikan mereka memegang rekor kelinci terbesar di dunia.

ARI JULIANTO | GLOBAL