LONDON – Meski sempat dibantah oleh beberapa ilmuwan mengenai mustahilnya pembuatan jubah tidak telihat Harry Potter. Namun, penggagas ide tersebut memastikan jubah itu bakal segera terwujud dalam waktu dekat.

Michal Lipson dari New yorks’s Cornell University dan Xiang Zhang dari University of California adalah dua ilmuwan yang berhasil membuat kain dengan bahan fungsinya mirip dengan jubah Harry Potter.

Seseorang akan bisa berlindung dalam jubah tersebut dan tak terlihat oleh orang lain.Namun pemakainya bisa melihat orang lain dan beraktivitas seperti biasa tanpa diketahui keberadaannya.

Jubah rancangan Lipson dan Zhang ini terbuat dari materi kaca yang sangat tipis dengan efek benturan yang sangat halus. Demikian yang dilansir Telegraph, Jumat (1/5/2009).

Materi ini kemudian membelokkan cahaya disekitar objek tiga dimensi, dan inilah yang menimbulkan efek pengguna jubah seakan “menghilang” dan tak terlihat oleh orang lain.

Adapun teknik yang digunakan jubah ini, yaitu dengan menggunakan efek pembelokan cahaya yang bergantung pada pembiasan berbalik. Efek ini sama dengan yang biasa kita temui pada sedotan yang terlihat bengkok ketika ditaruh dalam gelas bening berisi air.

Dengan menggunakan materi skala nano yang diukur dalam ukuran miliaran per meter, ilmuwan kemudian mengatur pembelokan cahaya disekitar objek tiga dimensi untuk membuat pengguna jubah “menghilang”.

Materi yang digunakan dalam pembuatan jubah ini biasa digunakan dalam panjang gelombang untuk kepentingan indutri telekomunikasi yang menjadi bagian dari spektrum. (srn)OKEZONE.COM