BANGKOK – Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli Jepang di Bangkok Thailand menunjukkan, monyet akan mengajarkan anak-anak mereka menyikat gigi.

Ini membuktikan bahwa monyet mampu menggunakan barang-barang untuk memenuhi kebutuhannya.

“Saya sangat terkejut karena teknik mengajarkan menggunakan barang merupakan aktivitas yang hanya dilakukan manusia,” ujar Nubuo Masataka, peneliti perimata dari Universitas Kyoto seperti dikutip AFP, Rabu (11/3/2009).

Tim penelitinya mengobservasi tujuh ekor monyet berekor panjang dan memantau seberapa sering sang induk betina membersihkan ruang antara gigi mereka dengan helai rambut manusia. Penelitian itu dilakukan di kolono primate dekat Bangkok.

Hasilnya menunjukkan frekuensi membersihkan gigi akan ditingkatkan hingga dua kali lipat dan lebih intens saat bayi-bayi mereka menyaksikan. Ini mengindikasikan bahwa induk betina itu sedang mengajarkan anak mereka bagaimana menyikat gigi.

Namun Masataka menyatakan, penelitian itu baru sampai pada tahap hipotesa.

“Selanjutnya kami akan lebih fokus kepada bayi monyet untuk mengetahui apakah aktivitas induknya itu bisa menjadi contoh yang efektif untuk membersihkan gigi,” kata Masataka.
(okezone.com)