California—–Yahoo Inc hari Kamis mengatakan berencana untuk menutup GeoCities, sebuah layanan publikasi dan hosting situs Web yang dibelinya pada Mei 1999 saat puncak era dot-com senilai US$3 miliar dalam bentuk saham.

Layanan itu akan ditutup akhir tahun ini. Pengunjung situs itu saat ini mendapatkan pesan yang mengatakan akun GeoCities baru tidak tersedia dan memberi opsi untuk mendaftar jasa hosting Web milik Yahoo seharga US$ 5,98 per bulan.

Belum jelas kapan Yahoo melakukan langkah itu, namun seorang juru bicaranya mengatakan dalam sebuah e-mail bahwa keputusan itu baru-baru ini.

GeoCities bukan satu-satunya layanan yang akan dihentikan. Yahoo Briefcase, Farechase, My Web, RSS ads, Yahoo Pets, Yahoo Live, Kickstart, dan Yahoo For Teachers juga akan dihapuskan.
Raksasa mesin pencarian ini baru-baru ini juga meng-outsource-kan radio Launchcast ke CBS Corp.

“Sebagai bagian dari upaya Yahoo yang berkelanjutan untuk membangun produk dan layanan yang dapat memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen dan memberi hasil bagi pengiklan, kami akan meningkatkan investasi di beberapa bidang sementara mengurangi bidang lainnya,” kata pernyataan itu.

Pemangkasan itu adalah bagian dari sebuah proses yang dimulai pada 2007 ketika Jerry Yang masih menjadi ketua eksekutif, dengan menutup layanan yang tidak menguntungkan atau tidak sesuai dengan visi jangka panjang perusahaan.

Perubahaan itu dipercepat di bawah CEO baru Bartz Carol, yang diangkat pada bulan Januari.

Sebagai indikasi adanya masalah, Yahoo hari Selasa mengatakan akan memberhentikan sekitar 700 pekerja, pemotongan tenaga kerja tahap ketiga dalam 14 bulan terakhir.

Yahoo memperoleh pendapatan US$ 118 juta, atau 8 sen per saham, selama tiga bulan pertama tahun ini. Hal itu menunjukkan 78 persen penurunan dari laba bersih sebesar US$ 537 juta, atau 37 sen per saham, pada periode tahun lalu.

Pendapatannya turun 13 persen menjadi US$ 1,58 miliar.

Saham Yahoo naik 7 sen hari Kamis yang ditutup di US$ 14,55.

Sumber: Tempointeraktif.com
Oleh: Ahmad Mufid Aryono